RATUSAN PRAMUKA DAN KOMUNITAS PECINTA LINGKUNGAN IKUTI WORLD CLEANUP DAY SE DUNIA

Tarakan – Diikuti sekitar 13 juta relawan aksi bersih-bersih lingkungan “World Cleanup Day 2018” se dunia, di Kota Tarakan, Kalimantan Utara pelaksanaan diadakan di Pantai Amal Lama, Tarakan Timur.

Ratusan Pramuka dan Komunitas Pencinta Lingkungan Ikut Bersih Sampah

Ratusan Pramuka dari tingkat Siaga, Penggalang dan Penegak ikut serta dalam acara ini, selain Pramuka Komunitas Good People Kota Tarakan juga ikut serta, total ada 150 Negara dan di Indonesia 34 Provinsi mendukung aksi World Cleanup Day 2018.

Sekitar 1 Kilo Meter wilayah pesisir pantai menjadi target Ratusan Pramuka dan Komunitas Good Peopleuntuk membarsihkan dari sampah plastik, bekas makanan dan minuman diambil kemudian di masukan ke kantong plastik yang telah disiapkan panitia.

Menurut ketua Panitia World Cleanup Day 2018 Tarakan, “aksi ini sengaja dilakukan di Pantai Amal, karena Tarakan merupakan kepulauan yang dikelilingi oleh laut,” ujar Ridwan.

Lanjut Ridwan “Pantai Amal adalah ikon Kota Tarakan sebagai lokasi berwisata, kalau bukan kita yang membersihkan sampah siapa lagi,” katanya.

Foto Bersama Usai Bersih-bersih Sampah

Dalam kegiatan ini, Kasatker PSPLP Kaltara, Raymond Kodowati ikut langsung, ia berharap, “Masyarakat bisa membersihkan sampah, mulai dari membersihkan diri dan lingkungan, juga bagaimana menyadarkan masyarakat mulai dari tidak mau menjadi mau, tidak tahu menjadi tahu untuk mengatasi sampah,” ujarnya.

Sementara ikut siswa Pramuka SMP 7 Tarakan mengaku bahwa, “awalnya saat tiba di lokasi banyak sampah berserakan di pantai, setelah dibersikan jadi semakin enak dan nyaman berwisata di sini,” Terang Thoriq.

Pramuka SMP 7 Tarakan Ikut Serta World Cleanup Day

“Kami pun berharap seluruh pengunjung mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dapat sadar akan kecintaannya dengan lingkungan, sehingga jika berkunjung ke pantai agar menjaga lingkungan sekitar untuk tidak membuang sampah sembarangan,” Harap Thoriq. (AN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *