MERK “SNACK GOOD” JAMUR DIDUGA MENGANDUNG SABU

Bulungan – Aparat kepolisian berhasil mengungkap peredaran Magic Mushroom yang dikemas dalam plastik dengan merk “Snack Good”. Makanan siap saji tersebut berupa jamur yang ternyata diduga mengandung narkoba golongan 1.
Dikutip dari laman Liputan6.com, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerangkan, bahan keripik jamur Snack Good adalah jamur psilosibin yang juga dikenal dengan sebutan “Magic Mushroom”. Kandungan bahan aktif psilosibin dan psilosina di dalam jamur itu masuk dalam daftar narkotika golongan I.
Bahan aktif tersebut mempunyai sifat halusinasi, bisa mengubah suasana hati (mood), mengubah persepsi diri dan/atau dunia sekeliling, serta meluapkan perasaan senang (euforia) ataupun sedih (depresi). Jamur tersebut secara alami bisa tumbuh di kotoran hewan, lumut, ranting, atau kayu yang busuk. Itu sebabnya jamur ini juga disebut jamur tahi sapi.

Dirresnarkoba Polda Kaltara, Kombes Pol Adi Affandi, Menunjukkan Foto “Snack Good”

Agar peredaran jamur tersebut tidak beredar di provinsi Kaltara, pihak Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara telah melakukan upaya pencegahan. Saat ini, pihak Polda Kaltara telah melakukan penyelidikan di setiap supermarket yang ada di provinsi perbatasan ini.
“Kita memang masih sementara melakukan penyelidikan adanya produk itu yang diperjual belikan di daerah kita. Ini juga langsung perintah dari satuan atas untuk menindak lanjuti adanya produk baru ini,”jelas, Kapolda Kaltara Brigjend Pol Indrajit melalui Dirresnarkoba Polda Kaltara, Kombes Pol Adi Affandi, Rabu (12/9).
Adi menuturkan, walaupun saat ini peredaran barang haram tersebut belum merambah hingga ke Provinsi Kaltara, akan tetapi upaya pencegahan tetap dilakukan oleh pihaknya. Mengingat, Kaltara kerap menjadi pilihan empuk para bandar sabu untuk memasarkan sabu dalam berbagai modus.
“Kalau berpotensi, yah sangat berpotensi beredar juga di daerah kita. Bayangkan saja, sabu saja banyak beredar, apalagi produk-produk semacam itu (Produk Kemasan Good Snack). Daerah kita ini daerah perbatasan, semua para bandar pasti banyak tujuannya ke sini juga,” tuturnya. (a2s)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *