BELUM PEKANYA MASYARAKAT MENGURUS IMB

Tana Tidung- Seiring berjalannya waktu, pembangunan di Kabupaten Tana Tidung (KTT) semakin pesat. Bahkan ada pula yang sempai membangun di atas Garis Sempadan Bangunan (GSB). Pertumbuhan pembangunan hunian terus meningkat di Tana Tidung.

Pelaksana teknis Kepala Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja Transmigrasi dan PTSP, Kurono tak menampik dengan fakta tersebut. Peningkatan jumlah bangunan warga tak sebanding dengan kesadaran untuk menguru surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Bahkan lebih parahnya melewati GSB.

Untuk itu, pihaknya tak mau tinggal diam. Diakui Kurono, pihaknya terus memberikan pemahaman dan sosialisasi baik melalui media masa maupun jemput bola ke rumah rumah.

“Tentu ini akan terus kami sosialisasikan kepada masyarakat agar bangunan tersebut bisa tertata rapi dan memiliki IMB dan tidak sembarang membangun di atas GSB,”ujar Kurono.

Dijelaskan Kurono, sesuai dengan Peraturan Daerah nomor 6 tahun 2013 tentang Bangunan Gedung, tertera pada pasal 49 huruf A: Bahwa setiap orang atau badan dilarang mendirikan bangunan apabila tidak mempunyai surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Perda inilah yang menjadi dasar bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi agar warga sadar dan mau mengurus IMB.

Lebih lanjut diungkapnya, kewenangan IMB untuk rumah tinggal di Kabupaten Tana Tidung serta bangunan itu di keluarkan dengan dasar hukum Undang-Undang nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung dan Peraturan Daerah nomor 4 tahun 2012 tentang Retribusi Perizinan Tertentu. Di samping itu, jugs melihat surat keputusan Bupati Nomor 188,45/462/KUM/2012 Tentang Harga Satuan Bangunan serta surat keputusan Bupati 111-180-2-2975 tentang jalan dan bangunan.

Lanjut Kurono, untuk warga yang ingin mengajukan atau permohonan IMB pada dasarnya mudah. Pertama , warga harus mengetahui kades dan lurah serta camat di wilayah tempat ia akan mengurus IMB. Kedua siapkan fotokopi pemohon, fotokopi surat bukti milik tanah, surat izin lokasi dan kelengkapan surat-surat lainnya. “Kami mengimbau kepada masyarakat Tana Tidung jika belum mempunyai IMB dan belum mengurus IMB untuk segera mengurus IMB agar pihaknya dapat dengan mudah mendata bangunan yang didirikan,” tambahnya.(RED)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *